3 Masalah dalam Belajar Bahasa Inggris dan 7 Cara untuk Mengatasinya

Belajar Bahasa Inggris memang gampang gampang susah. Apakah sebetulnya yang menjadikan Bahasa Inggris adalah Bahasa yang sulit untuk dipelajari?

Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa kesulitan yang dialami sebagian besar siswa dalam bellajar Bahasa inggris. Kesulitan tersebut ada pada pengucapan, kosa-kata dan percakapan. Ketiga hal tersebut adalah hal penting dan yang paling mendasar tetap saja, hal tersebut sangat sulit dasi pelajari.

1. Pengucapan (pronunciation)

Pengucapan bahasa Inggris berbeda dengan bahasa lainnya. Ada semacam huruf yang diucapkan secara tersembunyi atau tersirat contohnya huruf “r” dan huruf “t”. Kedua huruf ini sebaiknya jangan diucapkan secara jelas.

Pengucapan kata “live” dan “life” juga kadang membingungkan. Pengucapan tersebut juga akan semakin sulit untuk dipahami apabila kita mendengarnya dari orang Amerika dan orang Inggris karena adanya perbedaan aksen. 

2. Kosa-Kata (vocabularies)

Menghafal kosa kata dalam Bahasa inggris adalah kegiatan yang melelahkan karena adanya banyak arti.  Contohnya: kata “ make” dapat diartikan sebagai “membuat”, namun bisa juga diartikan “ menyebabkan”. Kata lainnya seperti “get” yang dapat diartikan “ mendapat” namun bisa juga diartikan “ menyuruh”.

3. Percakapan (conversation)

Percakapan bahasa Inggris terkadang membingungkan bagi sebagian siswa. Mereka sulit memadukan antara salah satu kosa-kata dengan kosa-kata lainnya. Terkadang, mereka salah dalam menafsirkan kata. Yang harus digarisbawahi adalah, arti dalam satu kata pasti berbeda jika diartikan dalam satu frasa. Untuk itu, kita harus berhati hati.

Jangan khawatir. Ada 7 tips yang bisa membantu kita untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah.

Ada 7 hal yang perlu kita tanamkan ketika mempelajari bahasa Inggris. Dari 7 hal tersebut, kita harus sering menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Cara tersebut agar kita mengetahui sejauh mana letak kemampuan bahasa Inggris kita.

1. Hafalkan setiap 1 hari minimal 10 kosa-kata

Dengan menghafalkan setiap 1 hari 10 kosa-kata, perbendaharaan kosa-kata kita akan semakin meningkat. Jika tidak mampu menghafal 10, 5 kata per hari juga sudah sangat baik.

Untuk menghafal, kita rupanya agak mengalami kesulitan. Untuk mengurangi kesulitan itu, kita dapat menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia.

2. Buatlah lingkungan yang nyaman bagi kita

Kunci belajar bahasa Inggris adalah jangan merasa kalau bahasa Inggris itu sulit. Jika kita sudah menanamkan kesan bahwa Bahasa Inggris susah, kita akan semakin kesulitan dalam belajar. Untuk memudahkan, cobalah cari tempat yang membuat rasa nyaman seperti belajar di taman atau di warung makan.

Jika perlu, carilah tempat kursus Bahasa inggris yang menerapkan kegiatan atau fun learning sehingga kita tidak merasa bosan dalam belajar Bahasa Inggris.

3. Rutin praktekkan dalam kegiatan sehari-hari

Hal penting berikutnya yaitu kita harus rutin menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Jangan malu untuk memulai berbicara bahasa Inggris, terutama jika ada program “ English Day” di sekolah. Jika perlu, carilah kursus Bahasa Inggris yang mewajibkan siswa dalam menggunakan Bahsa Inggris di setiap pertemuannya.

Di lingkungan rumah, kita sebaiknya juga menerapkan praktek berbicara bahasa Inggris. Ayah, ibu, kakak dan adik perlu diajarkan untuk menjadi “active speaker”. Caranya, ketika kita ingin mengobrol atau meminta sesuatu, gunakanlah bahasa Inggris.

4. Seringlah mendengar dan menyanyikan lagu bahasa Inggris

Ketika kita jenuh belajar bahasa Inggris, cobalah dengarkan lagu berbahasa Inggris. Selain kita merasa terhibur, kita juga akan mendapatkan banyak kosa-kata bahasa Inggris beserta cara pengucapannya. Ingat, selalin di dengarkan, cobalah untuk melakukan kegiatan karaoke dengan lagu Bahasa Inggris agar pronunciation kita terasah. 

5. Seringlah menonton film, video musik bahasa Inggris

Bagi para penggemar film barat dan Korea, ada baiknya kita menggunakan subtitle bahasa Inggris. Ini akan memudahkan kita memahami setiap percakapan yang terjadi pada film tersebut.

Jika ingin lebih menguasai pronunciation, cobalah menonton film barat tanpa adanya subtitle sama sekali.

6. Seringlah membaca dan menterjemahkan buku bahasa Inggris

Bukan bermaksud meremehkan buku bahasa Indonesia, namun ada baiknya untuk sering membaca buku berbahasa Inggris. Buku berbahasa Inggris (terutama buku mata pelajaran) akan mempermudah kita untuk menangkap banyak kalimat formal dan ilmiah.

Tidak hanya dibaca, namun juga diterjemahkan. Selain membuat mahir dalam merangkai kata berbahasa Inggris, siapa tau kita dapat menjadi penterjemah yang sukses.

7. Coba pratekkan dengan native speaker

Jika kita tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Jogja, cobalah kunjungi objek wisata yang memiliki banyak pengunjung asing. Gunakan kesempatan itu untuk bertanya dan sekadar mengobrol santai dengan mereka. Jika tidak memungkinkan, cobalah mencari kursus Bahasa Inggris yang menyediakan guru dari luar negri. Guru dari luar tentunya kan menjadikan kita lebih peka dengan pronunciation mereka. 

Belajar bahasa Inggris perlu dilakukan dengan senang, selamat mencoba…

Sumber : http://blog.batikindonesia.com/4842/#.WHhtj7lpUYE