TOEFL

Untuk yang sedang duduk di bangku SMA/SMK atau untuk mahasiswa yang sedang menuju ke Sidang Skripsi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tes TOEFL. Tapi, sebetulnya apakah tes TOEFL itu? Ada berapa jenis tes TOEFL dan apa yang harus saya pilih?

TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.

Tes TOEFL ini pada awalnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia.

Tes TOEFL adalah test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dan sudah digunakan dan juga diakui di hampir di semua negara di dunia. Untuk saat ini, jika suatu lembaga / universitas ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang,  lembaga / universitas tersebut akan meminta hasil nilai TOEFL yang tertuang dalam sertifikat TOEFL.

TOEFL mencakup empat aspek yaitu (1) Listening Comprehension, (2) Structure and Written Expression, (3) Reading Comprehension, dan (4) Test of Written English (TWE).

 

Ada Berapa Jenis TOEFL?

Sampai saat ini ada tiga jenis TOEFL yang di keluarkan oleh ETS (English Testing Service), yaitu:

  1. PBT (Paper Based Test) TOEFL
  2. CBT (Computer Based Test) TOEFL
  3. iBT (internet Based Test) TOEFL

 

Lalu, jenis Tes TOEFL manakah yang harus saya pilih? Kalian dapat membaca artikel – artikel yang ada di website kami. Sebelum mengambil tes TOEFL, pastikan dulu jenis tes TOEFL manakah yang diminta oleh lembaga / universitas yang kalian tuju. Kalian juga harus mencari informasi tentang nilai minimal dalam sertifikat TOEFL. Di beberapa lembaga / universitas, mereka meminta nilai minimal 550 di sertifikat PBT-TOEFL misalnya. Sehingga, kalian juga butuh persiapan untuk les TOEFL / kursus TOEFL sebelum benar benar mengambil tes TOEFL. Kelas persiapan ini biasa disebut TOEFL Preparation Class / TOEFL Prep Class. Jika kalian mengikuti kelas persiapan tes TOEFL, kelebihannya adalah: kalian bisa mengukur terlebih dahulu kemampuan kalian dan berusaha meningkatkan kemampuan sebelum mengambil Tes TOEFL yang sesungguhnya. Saat nilai kalian 450 misalnya, dengan mengikuti TOEFL Prep Class, kalian bisa menaikkan nilai menjadi 500 dengan beberapa kali pertemuan. Kelebihan lainnya adalah, kalian bisa mendapat tips dan trick dalam menghadapi tes TOEFL. Kalian juga bisa bertanya pada teacher / tentor TOEFL tentang topik yang belum kalian kuasai. Jika kalian ingin mencari kelas persiapan tes TOEFL, ada beberapa pilihan mulai dari kelas online hingga kelas regular. Tetapi jika ingin hasil maksimal, langsung bertatap muka dengan teacher / tentor TOEFL, mendapatkan materi pendalaman per-topik dan latihan per-topik secara berkala, Innovative Learning Center juga menyediakan TOEFL Preparation Class/ TOEFL prep class di seluruh cabang Innovative L.C. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut

Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar