Siapa Yang Harus Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa inggris merupakan elemen penting yang harus kita pelajari dengan serius dewasa ini. Mungkin Anda sering bertanya pada diri Anda sendiri; Haruskah saya belajar bahasa Inggris?” Berikut akan dijelaskan beberapa alasan mengenai siapa sajakah yang harus belajar bahasa Inggris.

1. Seseorang yang ingin berkomunikasi dengan orang-orang di negara lain

Perlu Anda ketahui bahwa bahasa Inggris saat ini telah digunakan oleh lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. Itu hanya data kasar, dan kemungkinan besar masih ada banyak lagi manusia yang bisa berkomunikasi dengan kita jika mampu berbahasa Inggris tentunya. Bisa bayangkan betapa bangganya diri Anda, apabila bertemu dengan orang Amerika, Inggris, Skotlandia, dan Singapura, kemudian Anda mampu berkomunikasi dengan mereka. Tidak perlu lancar, tetapi yang paling penting, mereka mengerti maksud bahasa Inggris Anda dan begitu juga sebaliknya.

Ini adalah suatu prestasi yang lumayan besar bagi pencapaian diri kita.  Sebagai tambahan, bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa pertama di 53 negara dan menjadi bahasa resmi dalam pertemuan tingkat tinggi manapun. Mungkin anda berpikir; “Saya tidak perlu berkomunikasi dengan orang-orang dari Negara lain. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin. Pasti ada suatu kesempatan dimana Anda bertemu orang asing dan ingin sekali bercakap-cakap dengan mereka atau setidaknya mengajak foto bersama. Dengan belajar bahasa Inggris, Anda akan memiliki poin lebih. Anda bisa mengajak lebih dari foto bersama bahkan bisa mengajak jalan jalan atau makan tanpa harus pusing mengartikan kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.  

2. Seseorang yang mendapatkan beasiswa dan bersekolah di luar negeri

Ratusan pemuda Indonesia mungkin memiliki kecerdasan yang tinggi dan bisa bersekolah di luar negeri, namun banyak dari mereka yang terganjal karena kemampuan bahasa Inggris yang kurang. Karena salah satu syarat mendapatkan beasiswa dan belajar di luar negeri adalah kemampuan bahasa Inggris yang di atas rata-rata. Jadi, jangan sampai kecerdasan dan ambisi Anda meraih ilmu yang lebih tinggi akan terganjal karena bahasa Inggris. Mungkin Anda berpikir; “Saya bisa mendapat beasiswa di dalam negeri.” Tapi, sekali lagi Anda juga harus memikirkan poin lebih. Apabila dengan menguasai bahasa Inggris Anda bisa mendapat beasiswa di luar negeri, kenapa tidak?

3. Seseorang yang ingin mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik

Apakah anda merasa dapat memiliki pekerjaan yang jauh lebih baik dengan menguasai bahasa Inggris? Tentunya setiap orang dapat memiliki pekerjaan yang lebih baik dan lagi lagi, penguasaan bahasa Inggris dapat menjadi poin plus saat Anda hendak melamar pekerjaan. Tentu saja, dengan adanya kesempatan yang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan, tidak diragukan apabila Anda mendapatkan kenaikan pendapatan. 

4. Seseorang yang bercita-cita pergi keliling dunia

Pernahkah Anda membayangkan bisa keliling ke berbagai negara? Mungkin saat ini belum terbayang atau Anda masih takut memiliki angan-angan sejauh itu. Tetapi Nidji selalu berkata bahwa “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia”. Jadi, tak ada salahnya bukan bermimpi keliling dunia?

Tetapi, salah satu kunci penting yang memantaskan kita berhasil menggapai mimpi tersebut adalah bahasa Inggris. Kenapa demikian? Karena negara manapun yang akan dikunjungi, maka bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang dapat diterima dengan baik. Jadi, gunakan bahasa Inggris sebagai “alat travelling” dan pemantas diri untuk impian kita keliling dunia.

5. Seseorang yang ingin memperluas jaringan bisnis online

Salah satu elemen penting dalam keseharian kita adalah Internet, dan jutaan orang menggunakannya sebagai kepentingan bisnis. Dengan internet, kita bisa menjual produk baik itu berbentuk informasi atau produk real dengan jangkauan yang lebih luas. Tetapi dengan bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan konsumen-konsumen yang jauh lebih banyak.

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki produk khas Indonesia misalnya batik, dan mungkin ada ribuan masyarakat belgia atau skotlandia yang memiliki keinginan membeli batik. Dengan marketing online yang berbasis pada kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki, bukan tidak mungkin omset penjualan online kita akan jauh lebih dahsyat dari biasanya.

6. Seseorang yang ingin menikmati channel TV, buku, lagu dan film dari seluruh dunia

Melihat, membaca, dan menonton segala hal di dunia adalah keindahan yang dapat memanjakan mata, dan memperluas wawasan Anda. Ketahuilah bahwa ada banyak film luar, atau novel yang lebih dahsyat ceritanya dan bisa Anda nikmati dengan satu kata yaitu “English”. Pernahkah Anda berpikir; “Saya suka lagu itu, tapi saya tidak tahu arti lagunya.” Sebaiknya,sedari sekarang Anda belajar bahasa Inggris sehingga hal tersebut bukan lagi menjadi masalah untuk Anda.